Resep Masakan

Resep dan Cara Membuat Saus Bolognese Ala Slow Cooker


Resep dan Cara Membuat  Saus Bolognese  Ala  Slow Cooker ; 
Ketika kamu-kamu sedang makan spaghetti, fettuccine, atau barang kali lasagna di resto atau cafe, sering kali kamu hanya menikmati pasta yang di siram dengan saus bolognese yang sangat lezat dan pecah dilidah, habis itu kamu akan komentar ketemenmu ", spaghettinya enak ya ! " tapi  taukah kamu apa itu bolognese, bahan campurannya, atau bahkan cara membuatnya ?.

Nah sesuai dengan namanya, bolognese berasal dari Bologna, Italia. Di Bologna, saus ini disebut ragu alla bolognese atau terkenal dengan nama ragu. Katanya, saus bolognese ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke 18. Rasa akan  saus ini didominasi manis asam dari tomat yang berpadu dengan daging sapi yang gurih.

Resep saus bolognese pertama kali dipublikasikan oleh Pellegrino Artusi. Menurut sumber aslinya,  saus bolognese ini dibuat dari daging sapi muda yang dicincang halus, kemudian dicampur dengan pancetta atau Italian bacon, bawang bombay dan wortel. Ada juga yang menambahkan jamur kering atau hati ayam.

Saus bolognese biasanya dipadukan dengan jenis pasta panjang seperti spaghetti, tagliatelle, ataupun lasagna.

Saus bolognese yang baik adalah Saus yang dimasak secara perlahan-lahan, Dahulu kita memasak dengan api kecil diatas kompor berjam-jam untuk mendapatkan cita rasa yang mendalam, namun saat ini bisa dengan mudah di lakukan oleh slow cooker!

Apakah ada yang belum tau itu Slow Cooker ?, silahkan googling aja ya, berikut contoh gambarnya :





Waktu persiapan: 25 menit
Waktu pengolahan: 8 jam
Total waktu: 8 jam 25 menit

Bahan-bahan Saus Bolognese  Ala  Slow Cooker  
Untuk : 8-10 porsi


Untuk Saus Bolognese:


  • ¼ cangkir minyak zaitun
  • 1 bawang bombay  ukuran sedang, potong dadu
  • 2 batang seledri, potong dadu
  • 2 wortel ukuran sedang, parut
  • 1kg daging sapi  di cincang halus,  (saya lebih suka daging sapi dengan 15% atau 20% kandungan lemak)
  • Garam dan lada hitam
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • ½ cangkir peterseli cincang halus, di lebihkan saja untuk menghidang nanti
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 cangkir anggur putih ( saya menggantinya dengan Jus anggur botolan beli di market)
  • 2 kaleng pasta tomat Sekitar ( 28 ons ) saya pake yang 100% natural ( tanpa garam ) merk delmonte, jangan salah ya: bukan saus tomat tapi Pasta tomat, karena beda bentuk dan beda fungsi)   
  • 1 cangkir susu cair / atau susu segar jika ada
  • 1 daun salam, opsional


Untuk penyajian  :

Pasta dan keju Parmesan untuk penyajian

Yang akan Anda butuhkan :

wajan besar dan slow cooker

Cara Membuat  Saus Bolognese  Ala  Slow Cooker  :

Didalam Panci ( wajan ), panaskan ¼ cangkir minyak zaitun. Tambahkan bawang, seledri dan wortel dan tumis sampai layu (8-10 menit). Tambahkan bawang putih dan ½ cangkir peterseli dan aduk 30 detik atau sampai bawang putihnya tercium harum. Kemudian pindahkan ke dalam Slow Cooker.





Dalam panci yang sama (tanpa mencucinya), tambahkan daging sapi, tambahkan dengan 1 sdt garam , ¼ sdt merica dan tumis sampai matang dan tidak lagi merah (6-10 menit). agar sedikit lebih kering, Anda dapat menyendok dan membuang kelebihan minyak, tapi sisakan sekitar 3 sdm dalam panci. Tambahkan 1 cangkir anggur putih (sekali lagi : saya menggantinya dengan Jus anggur botolan) dan tumis dengan api sedang sampai jus anggur telah benar-benar menguap (8-10 menit). Kemudian pindahkan daging kedalam Slow Cooker.




Tambahkan 1 cangkir susu, 1 lembar daun salam, 1 sdm gula pasir, dan pasta tomat .




Tutup dan masak paling lama 8 jam atau paling cepat 3-4 jam. Jika dilihat terlalu basah atau berair, biarkan memasak dengan tutup terbuka selama 30 menit terakhir.




Bumbui dengan garam secukupnya (saya menambahkan hampir 1 sdt garam lebih dikit).



Untuk penyajiannya;  Karena resep ini hanya untuk  membuat sausnya, maka kamu bisa menikmati saus bolognese ini sebagai siraman pada pasta atau spageti kamu.dan jangan lupa taburkan keju diatasnya dan potongan peterseli  biar lebih mak nyus









Buat saus spageti juga lezaaaaatt..!!




Catatan :
Saya tau, sangat banyak koki yang menggunakan pasta tomat import dari Italia yang berkualitas bagus, namun jika ditempat kamu tidak ada ya cari ajalah  produk lokal tapi yang punya kualitas bagus dan sebaiknya sih pilih yang natural atau non garam.

Saya menggunakan Slow Cooker Liners( plastik alas masak khusus untuk slow cooker ) hanya agar simple saja biar tidak repot membersihkannya, tinggal angkat pindahkan bolognese dari plastik ke wadah habis itu buang  deh plastik bekasnya, slow cookernya gak usah capek nyuci, tinggal dilap aja pake tisu atau serbet halus.

Tapi ya itu kalo ada lho ya....kalo nggak ada ya gak usah pake plastik-plastikan...hahahaha







About kulineripedia

5 comments:

  1. Saus Bolognese ini sangat lezat, kamu boleh memadukan dengan berbagai jenis pasta.

    ReplyDelete
  2. wew.... kayaknya pantas di coba neh resepnya....

    ReplyDelete
  3. sekarang bisa buat sendiri sausnya di rumah, terimakasih resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama, jangan lupa share via facebook ya biar temen-temen yang lain bisa buat juga...

      Delete
  4. Cara buatnya cukup mudah, bahan-bahan yang di gunakan untuk saus bolognese nya pun mudah di dapat, sayangnya saya tidak memiliki alat slow cookernya nih. Apakah boleh di ganti dengan alat lainnya ?

    ReplyDelete

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.