Dessert

Baklava Ala Turky Yang Super Lezat



Baklava Ala Turky Yang Super Lezat;
Baklava madu ini berlapis-lapis, renyah dan lembut dan saya juga suka karena tidak terlalu manis. Saya penggemar berat baklava dan ini adalah resep baklava terbaik yang pernah saya coba. Makanan ringan yang berasal dari Turky ini sudah membuat saya jatuh hati dengan cita rasanya.

Saya suka dengan sedikit lemon rasa mellow yang tidak terlalu manis apalagi ditambah dengan sedikit keharuman dari kayu manis. Ini benar-benar lezat.

Memang setiap kali membuat baklava agak sedikit membosankan karena banyaknya tahapan yang harus dikerjakan, tapi dari pengalaman akhirnya saya mempunyai tips  cukup bagus untuk memasak baklava ini dengan asik dan tidak membosankan.


Bahan untuk  Resep Baklava Ala Turky Yang Super Lezat ;
  • 1 bungkus adonan filo siap pakai dicairkan sesuai dengan petunjuk paket,  atau sekitar 16 ons  jika membuat adonan filo sendiri. Apa Filo ?  silahkan baca keterangan dibawah. 
  • 10 ons atau (1 1/4 cangkir) mentega tanpa garam, di lelehkan 
  •  4 cangkir  kenari, cincang halus
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 cangkir gula pasir
  • 2 sdm jus lemon (jus 1/2 lemon?)
  • 3/4 Cangkir air 
  • 1/2 cangkir madu
  • Lelehkan chocolate chips & kenari cincang untuk hiasan, opsional

Cara Membuat Baklava:

Cairkan Adonan Filo sesuai dengan Instruksi yang ada di kotak ( bungkusnya), sebaiknya dinginkan semalaman di lemari es, kemudian letakkan di meja selama 1 jam sebelum memulai resep dan biarkan hingga suhu ruang.

Potong adonan Filo sesuai loyang kamu. paket adonan filo saya  memiliki 2 gulungan dengan total 40 lembar dengan ukuran  9 × 14 jadi aku harus memotong sedikit  Kamu bisa  memotong satu tumpukan kapan saja kemudian tutup dengan handuk basah untuk menjaga dari kekeringan.

Olesi mentega  bagian bawah dan sisi dari  loyang tanpa gagang yang berukuran 13 × 9.



Mulai dengan saus madu
Dalam panci sedang, Campurkan 1 cangkir gula, 1/2 cangkir madu, 2 sdm air jeruk nipis, dan 3/4 gelas air. Masak hingga menididih menggunakan api sedang , aduk sampai gula larut, lalu kecilkan api dan didihkan kembali 4 menit tanpa diaduk. Matikan api dan biarkan sirup ini dingin sembari kita memeprsiapkan baklavanya.


Cara Merakit Baklava:

Panaskan Oven sampai 165 derajat celsius.

1. Cincang halus Kenari, jika menggunakan food processor  tekanlah tombol ( Fulse ) sekitar 10 kali hinggan kenari akan terlihat hancur atau tercincang, atau boleh saja menggunakan dry blender atau boleh juga ditumbuk, yeng penting tercincang tapi jangan sampai menjadi tepung biarkan sedkit kasar. Dalam sebuah mangkuk sedang, aduk bersama-sama: kenari 4 cangkir cincang halus dan 1 sdt( sendok teh) kayu manis.





2.Tempatkan 10 lembar  filo ke dalam loyang satu per satu, kuaskan setiap lembarnya dengan mentega. Jaga sisa filo yang ada agar tidak kering dengan cara menutupinya dengan handuk basah sepanjang waktu. Taburkan dan ratakan sekitar 1/5 dari campuran kacang.



3.Tambahkan 5 lembar Filo yang sudah di olesi mentega, kemudian lapisi lagi dengan taburan kenari. Ulangi  4 kali. Dan yang terakhir tambahkan 10 Lembar Filo yang sudah dilapisi mentega. Dan oleskan kembali bagian paling atas dengan mentega.

Berikut urutan:
10 lembar Filo oles mentega, 3/4 cangkir campuran kacang,
5 lembar Filo oles mentega, 3/4 cangkir campuran kacang,
5 lembar Filo oles mentega, 3/4 cangkir campuran kacang,
5 lembar Filo oles mentega, 3/4 cangkir campuran kacang,
5 lembar Filo oles mentega, 3/4 cangkir campuran kacang
10 lembar Filo oles mentega dan dioles lagi dengan mentega  bagian atas.

4. Potong lembaran yang sudah ditumpuk di dalam loyang tadi dengan ukuran  lebar 1 1/2 inci, kemudian dipotong diagonal membentuk seperti bentuk berlian. Panggang di 165˚ Celcius selama 1 jam 15 menit atau sampai bagian teratas berwarna coklat keemasan.



5. Keluarkan dari oven dan segera guyurkan sirup yang sudah didinginkan tadi cecara merata di atas baklava panas (kamu akan mendengar desisan  lapisan baglava panas kesiram sirup ahahhaha...jadi laper deh..). Fungsi dari menguyur sirup sewaktu kondisi baklava masih dalam keadaan panas adalah agar baklava tetap renyah dan tidak basah. Biarkan baklava sejuk sepenuhnya, hingga mencapai suhu ruang.









Sajikan  dan nikmatilah..Baklava Ala Turky Yang Super Lezat







Tips :
Untuk hasil terbaik, biarkan  baklava 4-6 jam atau semalam pada suhu ruang karena sirup akan  menembus dan melembutkan lapisan. Hiasi baklava dengan kacang cincang halus atau kecrotkan dengan cokelat leleh. Simpan pada suhu kamar, Tutupi dengan handuk teh ( serbet ) selama 1 sampai 2 minggu.



Cara membuat Adonan Filo Sendiri : silahkan Baca DISINI





About kulineripedia

0 comments:

Post a Comment

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.