Resep Masakan

Resep Ramen Saus Sambal


Resep Ramen Saus Sambal;
Selain sushi, sabhu, dan sashimi, mie ramen juga merupakan kuliner ala Jepang yang juga sangat di gemari oleh para pecinta kuliner yang ada di Indonesia.

Banyak restoran masakan Jepang yang menyediakan menu masakan yang satu ini, bahkan beberapa diantaranya langsung mengambil nama Mie Ramen sebagai merk dagang mereka.

Penasaran akan cita rasa masakan ini, saya mengunjungi beberapa restoran ala Jepang yang menyediakan menu masakan ini. Oh.. ternyata sangat banyak varian dari jenis masakan mie ramen ini, salah satunya adalah ramen saus sambal.

Dari namanya " Ramen Saus Sambal" kelihatannya biasa aja, tapi setelah saya cicipi wow...ternyata rasanya nggak kalah dari jenis varian mie ramen yang lainnya.

Iseng saya googling mencari resep mie ramen saus sambal, namun sangat jarang yang memberikan sharing resepnya, dan setelah search sana sini akhirnya ketemu resep yang berbahasa jepang dan inggris, setelah saya teliti bahannya ada beberapa bahan yang mungkin susah didapatkan di Indonesia

Tapi saya nggak kehabisan akal, itulah orang Indonesia, nggak ada tali akar pun jadi yang penting bisa nyebrang !! ahahaha.. beberapa bahan saya modifikasi atau tepatnya saya ganti dengan bahan yang ada di Indonesia. Dan ternyata hasilnya nggak kalaah..!! lezaaat !!

Berikut saya share kan resep Ramen Saus Sambal ala saya.


Resep Ramen Saus Sambal

untuk 2 porsi
Persiapan: 5 Menit
Waktu Masak : 10 Menit

Bahan  Ramen Saus Sambal :

  • 2 butir telur besar
  • air 
  • 4 cangkir kaldu ayam
  • 2 bungkus ramen instan
  • 4 ons udang segar, kupas, belah punggung dan buang kotorannya.
  • 4 ons jamur putih, iris menjadi dua bagian
  • 2-3 sendok makan saus sambal, jika tidak tahan pedas, cari yang pedasnya sedang saja 
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok makan potongan daun bawang
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan air jeruk nipis, opsional


Langkah membuat Ramen Saus Sambal

  1. Tempatkan telur dalam panci dan tambahkan air dingin. Pastikan air menutupi telur. Didihkan dengan api besar. Angkat dan sisihkan selama 6 menit. Bilas telur dalam air dingin, lepaskan cangkangnya dan iris telur menjadi dua bagian. sisihkan.
  2. Panaskan panci dan tambahkan kaldu ayam hingga  mendidih. Tambahkan ramen dan memasak. Ketika ramen sudah  setengah matang, tambahkan udang, jamur, saus sambal dan minyak wijen. 
  3. Tambahkan daun bawang, garam dan air jeruk nipis cincang. Aduk rata dan siap untuk disajikan segera.


Bagaimana ?  mau coba masak sendiri ?  lanjutkan..

About kulineripedia

4 comments:

  1. Replies
    1. silahkan...
      kalo udah di save jangan lupa praktek langsung di rumah ya...

      Delete
  2. Sepertinya rasanya tidak kalah dengan restoran mahal yang menyediakan ramen juga. Ramen favorite saya ialah ramen polos yang di isi dengan telur, sosis, brokoli, tomat dan jamur rasanya sungguh nikmat dalam keadaan panas apalagi dengan memesan porsi ekstra pedas.

    ReplyDelete
  3. Karena ramennya porsi agak besar menurut saya, jadi cocok untuk di konsumsi 2 orang.

    ReplyDelete

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.