Bahan dan Bumbu

Kenali Jenis Tepung Dan Manfaatnya









Kenali Jenis Tepung Dan Manfaatnya;
Apa perbedaan tepung kanji dan tepung tapioka? Bagaimana pula karakter kue yang bisa dihasilkan tepung ketan hitam? Walau semuanya mudah didapat dan tidak mahal, jarang dari kita yang mengetahui perbedaan kegunaannya. Ini keengganan yang disebabkan oleh lebih populernya resep-resep yang menggunakan tepung terigu. Apalagi, banyak dari tepung  nonterigu digunakan untuk penganan tradisional, sesuatu yang jarang kita praktikkan  karena begitu mudah dibeli. Kenali lebih dekat karakteristik tepung ketan, juga tepung-tepung lainnya yang belum terlalu populer di dapur modern. Eksplorasi bahan-bahan ini  dan temukan  kelezatan baru!


Tepung Tapioka 
Berbeda dengan tepung singkong, tepung pati tapioka memiliki nama lain kanji atau aci, dan terbuat dari pati singkong. Untuk membuat pati, singkong dihaluskan  hingga menjadi bubur. Bubur ini kemudian dicampur air dengan perbandingan 1: 2. Setelah itu, disaring dan diperas. Hasil perasan didiamkan semalaman hingga mengendap. Endapan inilah yang disebut pati, yang nantinya akan dikeringkan menjadi tepung tapioka. Lantas, apa bedanya dengan tepung singkong? Tepung singkong diolah dari singkong yang difermentasi dan  dihaluskan  hingga menjadi tepung. Tepung pati tapioka memberi tekstur kenyal, tapi tidak padat, pada penganan tradisional, seperti cireng, cenil, atau kue pepe. Pada masakan Cina, tepung ini digunakan untuk mengentalkan dan mengilapkan kuah. Bila masakan sudah tidak panas lagi, teksturnya akan mulur seperti karet.




Tepung Sagu
Diolah dari batang pohon sagu yang diendapkan patinya dan dikeringkan hingga menjadi tepung sagu. Tepung pati sagu digunakan untuk penganan yang padat dan kenyal. Tekstur ini yang dicari untuk mengimbangi daging ikan yang lembek saat membuat pempek. Dalam beberapa makanan, sagu dan tapioka bisa saling menggantikan, misalnya untuk kue kering dan bakso. Tapi, tidak demikian pada pempek, sebagaimana tepung sagu dibutuhkan untuk hasil yang kenyal dan padat, sedangkan tepung tapioka akan membuat adonan menjadi mulur. Ia bisa juga menjadi bahan utama kue  kering karena mampu menghasilkan tekstur yang renyah. Agar kue kering lebih awet, sangrai tepung sebelum digunakan. Caranya, sangrai tepung bersama sehelai daun pisang. Bila daun sudah kering, berarti tepung juga sudah kering dan siap digunakan.



Tepung Beras
Dibuat dari beras yang dihaluskan. Aturan yang sama juga berlaku untuk beras ketan. Caranya memang semudah itu, sehingga tak jarang orang membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat jajanan pasar yang sempurna, gunakan tepung yang baru digiling. Penganan tradisional, seperti serabi, kue lapis, kue putu, dan nagasari, tidak luput dari sentuhan tepung beras. Selain itu, tepung beras bisa digunakan untuk membuat rempeyek. Tidak jarang juga digunakan sebagai campuran tepung terigu untuk membuat adonan balutan pisang  goreng, tempe goreng, atau bakwan. Hasilnya, gorengan jadi tidak lembek dan lebih renyah.



Tepung Kentang
Dibuat dari kentang yang dimasak, dikeringkan, lalu dihaluskan. Umumnya dipakai sebagai pengental masakan. Bisa pula dipakai sebagai pengganti praktis kentang segar untuk meracik perkedel, kroket, dan campuran adonan donat. Pada adonan donat, tepung ini menjadikan donat  lebih empuk dan gurih.





Tepung Pati Jagung
Diolah dari pati jagung sehingga dikenal juga dengan nama corn starch atau tepung maizena. Kata ‘maizena’ awalnya adalah merek pati jagung buatan Meksiko. Tepung pati jagung tidak digunakan sebagai bahan utama karena lebih berfungsi sebagai pengental, perenyah, dan pelembut. Terkadang, tepung pati ini ditaburkan pada bawang goreng dan kentang goreng sebelum dimasak untuk memberi tekstur  renyah. Berbeda dengan tepung pati jagung, ada pula tepung jagung yang selanjutnya diolah sebagai bahan pangan utama rakyat Amerika Selatan seperti tortilla.





Tepung Hunkue
Tepung hunkue kualitas baik terbuat dari kacang hijau asli dengan harga yang lebih tinggi dibanding versi yang dicampur dengan tepung sagu. Selain cita rasa yang lebih enak, tepung kacang hijau murni menghasilkan adonan yang lentur, sedangkan yang campuran menghasilkan adonan yang mudah patah saat dibentuk. Hunkue digunakan untuk membuat kue tradisional yang membutuhkan tekstur lembut dan kenyal, seperti cendol, talam, dan centik manis. Meskipun kenyal, kue yang dihasilkan tidak selentur penganan yang terbuat dari tepung ketan.


Tang Mien 
Di pasaran tepung ini juga dikenal dengan nama  tang flour. Tang mien merupakan hasil sampingan dari pembuatan gluten. Dimana, tepung terigu protein tinggi diuleni dengan air hingga kalis, lalu direndam dan dicuci berulang kali hingga membentuk gumpalan gluten. Air cucian gluten ini mengandung endapan pati dengan kandungan protein yang sangat minim dan dikeringkan menjadi wheat starch atau tepung tang mien. Tepung ini sering digunakan untuk dim sum dengan jenis kulit transparan dan lembut, seperti hakau, chéung fán, dan campuran dalam adonan bakpau. Saat sedang diolah, tutup adonan dengan lap lembap agar tidak lekas mengering. Setelah matang pun, selalu simpan dim sum jenis ini dalam pengukus panas agar tidak mengering.


























About kulineripedia

2 comments:

  1. Saya baru tahu jenis tepung kentang ini. Terimakasih banyak informasinya.

    ReplyDelete
  2. Memang beragam sekali jenis tepung. Jadi jangan salah pilih bila ingin membuat cilok, cimol / lainnya bisa dengan tepung kanji, berbeda dengan tepung terigu untuk membuat gorengan, tepung beras juga di jadikan untuk bahan gorengan dan banyak lagi.

    ReplyDelete

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.