Dessert

Vanila Mousse Dengan Toping Coklat




Vanila Mousse Dengan Toping Coklat ;
Ini mousse ( busa ) vanili dengan topping cokelat yang lembut adalah makanan penutup Eropa yang dikenal sebagai Ptichye Moloko.

Dengan bagian dasar  berupa krim mousse yang terlihat seperti busa halus dan diatasnya dilapisi dengan cokelat yang sangat lembut. Makanan penutup ini sangat menarik dan sangat lezat untuk dinikmati. Dan yang sangat menggembirakan justru di pembuatannya yang sangat mudah.

Disaat- saat ada acara keluarga atau pesta dirumah kamu, buatlah menu dessert ini sebagai pelengkap hidangan di rumahmu, di jamin semua akan menyukainya.


Persiapan : 5 jam
Waktu memasak : 5 menit
Total waktu : 5 jam 5 menit
Untuk 6 Porsi

Bahan-bahan :

Bahan untuk Toping Coklat bagian  

  • 5 sdm bubuk coklat tanpa gula (saya menggunakan merk Vanhouten)
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 bungkus (1/4 ons) gelatin tanpa rasa ( saya pakai gelita gelatin )
  • ¼ cangkir susu, jika didaerah kamu ada yg jual susu segar, pakai saja susu segar.
  • 1 cangkir air dingin

Bahan untuk Vanilla Mousse:

  • 1 cangkir susu, atau susu segar juga bagus jika ada
  • 1 sdt vanili bubuk 
  • 2 paket (1/2 ons) gelatin tanpa rasa
  • 1 cangkir + 2 sdm gula pasir
  • 16 ons  krim asam ( Sour Cream )bisa di beli di market atau toko kue, jika mau buat sendiri juga bisa, yaitu campuran susu segar yang di beri perasan air jeruk nipis atau lemon, kemudian di aduk hingga mengental.( ini resep pribadi  ahahah )
  • 8 ons (1 cangkir)  whipping cream ( saya pakai merk Roeselle )




Langkah-langkah membuat  Vanila Mousse Dengan Toping Coklat

Mulailah dengan  bagian toping cokat :

Dalam panci kecil, aduk: 5 sdm gula, 5 sdm coklat bubuk, dan 1 paket gelatin. Kocok dalam air dingin 1 cangkir dan cangkir susu ¼. Tempatkan di atas api sedang dan didihkan sambil mengaduk terus-menerus sehingga coklat tidak meletup-letup. Matikan api, dan biarkan dingin hingga ke suhu kamar (sekitar 1 ½ jam).

Cara Membuat Vanilla Mousse:

Dalam panci saus kecil, Gabungkan susu 1 gelas, 1 sdt vanilla, 2 paket agar-agar dan kocok. Tempatkan di atas api sedang dan terus mengaduk sampai beruap (jangan sampai mendidih) lalu angkat dan biarkan sampai hangat ( tidak terlalu panas ). Tips: Pindahkan ke wadah yang berbeda agar lebih cepat dingin.

Setelah susu tidak lagi panas, Dalam mangkuk besar, gunakan mixer listrik, kocok 1 cangkir krim kental sampai mengembang dan olesan (1 ½ sampai 2 menit pada kecepatan tinggi). Dalam mangkuk kedua, kocok 1 cangkir gula + 2 sdm gula dan 16 ons krim asam sampai tercampur rata. perlahan masukan whipped cream kedalam mangkuk  dalam kondisi mixer tetap berjalan pada kecepatan rendah, perlahan-lahan tambahkan campuran susu hangat, Gores bagian bawah mangkuk bebrapa kali dan campuran lain sekitar 30 detik untuk memastikan adonan tercampur rata.

Mousse  akan mengental dengan cepat, Jadi sebaiknya segera bagi menjadi antara 6 gelas sajian  dan dinginkan sampai mengental  (minimal 30 menit). Perlahan-lahan tuangkan 3 sampai 4 sendok makan saus cokelat di atas setiap mousse dingin. Tempatkan 5 raspberry dalam  atas coklat dan dinginkan sampai benar-benar kental  (sekitar 4 sampai 5 jam).


Note: 
Jika tidak ada raspberry, boleh di ganti stawberry, atau buah jeruk, atau potongan buah kesemek, jika semua tidak ada, langsung di nikmati tanpa tambahan buah juga tetep ok.



About kulineripedia

3 comments:

  1. Keliatannya lezat sekali, sangat cocok di jadikan menu berbuka puasa. Kita tahu berbuka di sunatkan dengan yang manis-manis, bila tidak ada kurma disert ini bisa di jadikan referensi.

    ReplyDelete
  2. Dessert nya benar-benar menggoda nih, jadi kepingin icip-icip deh.

    ReplyDelete
  3. Cara membuatnya tidak terlalu sulit bisa dipraktekan di rumah nih.

    ReplyDelete

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.