Jajanan Pasar

Pisang Goreng Kepok Gurih dan Lezat



Pisang Kepok !!
Siapa yang tidak tau pisang kepok ?

Di Filipina pisang ini dipanggil "saba" atau "cardaba", di negeri seberang Malaysia mereka memanggilnya pisang nipah atau pisang abu , dan di pulau dewata Bali, pisang ini si sebut "Biu gedang saba, tapi saya lebih mengenalnya dengan pisang kepok. apapun sebutannya yang jelas pisak kepok ini memang sangat enak jika dibuat gorengan.

Berbicara gorengan, pisang kepok ini punya saingan dipasaran yaitu pisang raja, tapi masing-masing pisang memiliki ciri dan rasa tersendiri. dan kali ini saya akan membagi resep cara membuat  pisang goreng kepok gurih dan lezat.

Baiklah sebelum kita memulai membuat Pisang Goreng Kepok Gurih dan Lezat, ada baiknya saya berbagi tips cara memilih pisang kepok yang pas atau cocok untuk di goreng :


  • Pisang kepok ini ada 2 jenis, yaitu jenis kepok warna putih dan kepok warna kuning. Kepok putih buahnya lebih kecil, kulitnya tipis, meskipun dagingnya empuk namun tidak begitu enak. Sementara kepok kuning, buah lebih besar, kulit lebih tebal dan isinya juga lebih padat jika dibandingkan dengan kepok putih. Oleh karena itu untuk membuat Pisang Goreng Kepok Gurih dan Lezat pilihlah pisang kepok kuning. 

  • Jika kematangannya cukup atau pas, maka pisang ini bisa di iris 3 dan dibentuk kipas sehinga terlihat menarik.

  • Jika masih ada pisang yang terisa dan tidak akan digoreng, maka bungkuslah pisang dengan plastik kemudian masukan ke dalam kulkas, ingat ya dibungkus plastik, karena jika tidak malah pisang akan menghitam dan kurang enak.




ok, sudah tau tips nya, sekarang kita lanjut untuk praktek membuat "Pisang Goreng Kepok Gurih dan Lezat "

Bahan utamanya :
Pisang kepok : 1 sisir.

Bahan untuk adonan :
  • 250 gr tepung terigu
  • 5 sendok makan peres. tepung beras 
  • 1 buti telur ayam 
  • 3 sendok makan gula pasir.
  • 1/2 sendok teh Vanili. sebagai pengarum
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 150 ml air bersih ( secukupnya ).
  • Minyak goreng  secukupnya.


Cara membuat pisang goreng Pisang Goreng Kepok Gurih dan Lezat :
  1. Gunakan wadah besar ( saya pakai baskom ), masukan tepung terigu + tepung beras + gula pasir + vanili + garam ), kemudian aduk aduk hingga rata.
  2. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk hingga menjadi adonan yang sedikit kental.
  3. Kocok telur dan masukkan dalam adonan, aduk aduk hingga telur menyatu dengan adonan (rata).
  4. Kupas pisang kepoknya dan iris atau belah di bagian tengah hingga hampir ke ujung, pelan-pelan ya jangan sampai putus, jadi jelek ntar.
  5. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan nyala api kompor sedang.
  6. Celupkan pisang kepok yang sudah di belah tadi kedalam adonan hingga tenggelam biar rata, kemudian goreng dalam minyak panas.
  7. Bolak balik supaya matang rata, setelah sedikit kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.
  8. Karena adonan menggunakan telur ayam, maka setiap akan mencelupkan pisang sebaiknya  adonannya diaduk-aduk terlebih dahulu, sebab jika tidak di aduk maka telur hanya ada di permukaan adonan saja.
  9. Sajikan saat masih hangat.


Note : 

Biar lebih asik, jadikan pisang goreng kepok ini sebagai temen ngopi atau ngeteh kamu. dan jadikan harimu ceria.

Kalo saya, paling seneng makan pisang goreng kepok ini dengan cocolan saus dan mayonise, bahkan kalo di kulkas masih ada es krim yang tersisa, saya pasti akan menjadikan es krim ini sebagai pasangan yang klop dengan pisang goreng kepok yang masih panas. Cara makan pisang goreng dengan baluran es krim diatasnya ini saya dapat ketika saya berkunjung ke Bangkok, thailand. 

Di salah satu restoran saya melihat ada menu Banana Ice Cream, kemudian saya pesan dan mencobanya, ternyata rasanya wow...!!. dan sejak saat itu Banana Ice Cream menjadi pavorit saya.

Kamu juga boleh mencoba dengan kreasi yang berbeda, yang jelas pisang goreng kepok sangatlah lezat untuk di nikmati.











About kulineripedia

6 comments:

  1. mmm enak, jadi pengen hehe.
    thanks buat rsepnya

    ReplyDelete
  2. Pisang yang di olah bisa di jadikan macam-macam olahan makanan, baik di sajikan panas / dingin tidak akan membuat rasanya berubah.

    ReplyDelete
  3. Bila kita memiliki pisang jenis lain, seperti pisang nangka. Aapakah bisa di buat olahan pisang goreng seperti ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada prinsipnya semua jenis pisang bisa dibuat"Pisang Goreng" apa lagi jika dengan resep ini, hanya saja mungkin rasanya yg berbeda.

      Namun kembali ke prinsip, bahwa rasa dan selera setiap orang juga berbeda, so..cus dicoba aja dengan pisang jenis yang lain....

      Delete

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.