Resep Masakan

Resep dan Cara Memasak " Ayam Panggang Merah Ala Chinese / Oriental "


Menikmati citarasa ayam panggang khas Indonesia bagi kita  mungkin sudah biasa, karena hampir di semua rumah makan menyediankan masakan yang satu ini, bahkan masakan ini juga sudah menjadi budaya dan tradisi bagi orang indonesia untuk membuatnya ketika ada acara kumpul-kumpul semisal acara tahun baru atau pun di acara-acara biasa lainnya.

Lalu bagaimana jika kita mencoba untuk membuat ayam panggang dengan menggunakan resep dari negeri china atau yang kita sebut khas Oriental ? Rasa nya perlu kita coba.

Menu ayam panggang merah ala chinese ini adalah salah satu yang paling terkenal, berniat untuk mencobanya ?

Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat membuat ayam panggang merah ala chinese /oriental


Bahan :
  • 1 ekor ayam (berat sekitar 800 gram), bersihkan dan potong menjadi 4 bagian
  • 3 sendok angkak, dan larutkan dalam ± 1 liter air


Bumbu Untuk Melumuri Ayam Panggang, Campur dan Aduk Rata :
  • 5 siung bawang putih dan haluskan
  • 1 sendok makan bumbu Ngo Hiong
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh garam halus
  • 4 sendok makan minyak sayur


Cara Memasak Ayam Panggang Merah Ala Chinese/Oriental:

  1. Cuci bersih ayam, rendam ayam dalam air angkak hingga berwarna kemerahan, kemudian tiriskan.
  2. Lumuri ayam merata dengan bumbu untuk melumuri. Diamkan ayam selama ± 45 menit agar bumbu meresap ( simpan dalam lemari es). Siapkan loyang, beri rak kawat, tempatkan ayam berbumbu di atas rak kawat ini. Panggang dalam oven yang sudah di panaskan selama ±30 menit, angkat dan lumuri dengan sisa bumbu dan siram dengan minyak sayur, dan panggang lagi. Olesi ayam dengan sisa bumbu dan siram dengan minyak sayur bebrapa kali dengan waktu memanggang ±90 menit atau hingga matang.
  3. Hidangkan ayam panggang untuk melengkapi nasi lemak (buttered rice) dengan sambal taoco.
selamat menikmati


Note :
Angkak adalah salah satu jenis beras merah yang berasal dari Tiongkok atau China, yang di olah dengan cara di fermentasi dengan menggunakan ragi khusus, saat ini angkak sudah banyak tersedia di supermarket. Anda bisa mencarinya di bagian bumbu atau rempah-rempah. atau Anda juga bisa membelinya di toko obat china yang ada di daerah Anda.

Bumbu Ngo hiong yang populer dengan sebutan 'five spice powder' merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Adas, cengkeh, merica, pekak dan kayu manis dan ditumbuk jadi satu. Menciptakan rasa manis, asam, pedas, pahit dan asin. Bumbu ini banyak di jual di supermarket.

About kulineripedia

0 comments:

Post a Comment

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.