Appetizer

Guacamelo; Salad Tradisional Meksiko Yang Super Lezat




Guacamelo;  Salad Tradisional Meksiko Yang Super Lezat
Pernah dengar makanan ini ?, jika belum saya kasih tau,  Guacamelo adalah makanan pembuka khas Meksiko.

Dengan berbahan dasar  buah alpokat di campur dengan jus lemon, potongan tomat, jalapeno ( Cabai meksiko ) dan tambahan bahan yang lain menjadikan makanan pembuka ( appetizer ) ini  sangat lezat dan sehat. Bahkan jika diurut ke sejarahnya, makanan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Aztec.

Untuk menikmati makanan pembuka yang lezat ini, kamu tidak harus pergi ke Meksiko lho.. karena saya akan memberikan resepnya yang sudah saya uji beberapa kali dengan berbagai variasi, namun saya kesengsem dengan citarasa campuran bahan yang ada di resep ini. karena rasa dari campuran ini yang sangat mirip dengan sajian yang ada di sebuah hotel berbintang ***** dimana saat itu saya pernah menikmatinya disana.

Berikut resep Guacamelo, Salad Tradisional Meksiko Yang super Lezat

Bahan-bahan :

  • 2 alpukat, kupas dan dilumatkan 
  • 1 cangkir tomat cincang 
  • 1/4 cangkir bawang merah cincang , saya lebih suka pake bawang bombai lebih gurih
  • 1/4 cangkir daun seledri cincang 
  • 2 sendok makan jus lemon 
  • 1 buah cabe Jalapeno, buang bijinya dan cincang (opsional), kalo saya menggunakan  paprika aja 
  •  Garam dan merica hitam bubuk secukupnya



Langkah-langkah :
Persiapan:10 menit
Ekskusi : 10 menit

Lumatkan alpukat didalam mangkuk sampai lembut, sebaiknya jangan di blender biar masih kelihatan teksturnya, kalo saya, saya hancurkan pake sendok garpu.

Campur tomat potong, bawang cincang, daun seledri, jus lemon, cincangan cabe jalapeno ( saya menggunakan paprika) dan bubuk merica ke alpukat yang di lumatkan tadi sampai tercampur dengan merata.

Bumbui dengan garam dan lada hitam.






Penyajian ;
Sebaiknya  Guacamelo segera kamu sajikan dan nikmati kelezatannya, jika tidak langsung di hidangkan sebaiknya kamu tutup rapat.

Untuk menambah variasi cara makan kamu, kamu boleh saja menambahkan jagung manis rebus, potongan buah mangga bahkan saya pernah menambahkan parutan keju kedalamnya. silakan kamu kreasikan sendiri, tapi intinya bahan dasarnya sebaiknya jangan di kurangi.   


Tips :
  • Agar guacamole lebih tahan lama dan tidak berair, buang biji tomat sebelum Anda menambahkannya ke dalam campuran.
  • Guacamole akan teroksidasi ketika terkena udara terbuka. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah guacamole langsung setelah Anda membuatnya atau jika tidak tutup dengan plastik sebelum Anda menyajikannya.
  • Untuk mengetahui apakah alpukat yang akan Anda gunakan sudah matang atau belum, tekan alpukat secara perlahan. Jika alpukat terasa lembut apabila Anda tekan sedikit, maka alpukat sudah matang dan baik untuk digunakan sebagai bahan dasar guacamole.
  • Untuk menyeimbangkan rasa guacamole yang pedas, tambahkan sedikit yoghurt atau keju cottage.











































About kulineripedia

0 comments:

Post a Comment

Hi .. para pecinta kuliner, makasih dah berkunjung ke kulinerpidia, silahkan beri komentar mengenai apa yang sudah kami sajikan buat Anda, dan silahkan Like & Share ya..

Powered by Blogger.